Tips Agar Anak Tumbuh Tinggi

Orang tua pasti mengharapkan yang terbaik bagi anaknya. Anak yang sehat dan memiliki tubuh ideal merupakan idaman. Tubuh ideal ditandai dengan seorang anak yang memiliki bentuk tubuh tinggi. Namun, tak semua anak memiliki tubuh dengan tinggi ideal di umurnya. Perlu dilakukan beberapa hal untuk merangsang pertumbuhannya. Sebagai orang tua, Anda tak perlu khawatir karena anak masih bisa tumbuh tinggi. Pertumbuhan tinggi ini akan lebih cepat jika Anda melakukan cara-cara berikut.

Tips Agar Anak Tumbuh TinggiTips Agar Anak Tumbuh Tinggi Secara Alami

1. Tidur yang Berkualitas
Anak membutuhkan waktu tidur lebih banyak daripada orang dewasa. Tak tanggung-tanggung seorang anak sebaiknya memiliki waktu yang berkualitas yaitu 10 sampai 12 jam tergantung usia anak. Malam hari adalah proses terbaik terjadinya proses pertumbuhan seseorang. Jika waktu tidur berkualitas. Kekurangan waktu tidur, tentu akan menghambat anak untuk cepat tinggi.

2. Olahraga Peninggi Badan
Cara akurat yang bisa menambah tinggi badan anak yaitu berolahraga secara teratur. Meskipun semua olahraga menyehatkan, namun tak semua olahraga bisa membuat tinggi badan Anda cepat naik. Ada beberapa olahraga andalan yang bagus untuk meninggikan yaitu berenang, basket, dan lompat tali. Olahraga berenang dan basket ini bisa dilakukan 2 hingga 3 kali seminggu. Jika ada ekstrakurikuler di sekolah, sebaiknya daftarkan anak Anda. Jika tidak, maka temani si kecil di kala weekend atau akhir pekan. Lompat tali adalah olahraga yang sangat fleksibel. Bisa dilakukan di mana saja asalkan ada tali. Anda bisa mengombinasikan ketiga olahraga tersebut jika anak merasa bosan.

3. Makanan Kaya Gizi
Selain berolahraga rutin, anak juga perlu menerima asupan makanan yang kaya akan gizi terutama kalsium. Kalsium dibutuhkan oleh tubuh si kecil untuk mempercepat proses terjadinya pembentukan tulang. Pisang dan susu adalah contoh dari banyaknya makanan yang mengandung kalsium. Selain itu, makanan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti ikan, daging, dan telur juga harus banyak dikonsumsi. Mengonsumsi makanan-makanan ini sebelum atau selama masa pubertas anak akan membuatnya lebih tinggi. Sebab, protein juga berperan penting dalam pertumbuhannya.

4. Jauhi Asap Rokok
Anak-anak memang tak diperbolehkan merokok. Namun, menjadi perokok pasif juga sangat berbahaya. Asap rokok yang tak sengaja terhirup akan membuat anak sulit tertidur pulas. Alhasil, jika tidurnya tak berkualitas ini akan menghambat pertumbuhan anak. Sebaiknya jangan merokok di depan anak-anak. Selain ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, ini juga akan menghambat proses pertumbuhan badannya.

Tips Agar Anak Tumbuh Tinggi5. Sikap Optimis
Tak ada yang tak mungkin di dunia ini. Saat menjalani program peninggian badan secara alami, sebaiknya tumbuhkan rasa optimis pada diri anak. Ini sangatlah penting karena anak yang optimis dengan hidupnya akan lebih bahagia, sehingga program peninggian bisa dilakukan dengan maksimal. Rasa optimis ini biasanya akan memicu anak lebih rajin saat melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa meninggikan badan anak. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun Anda akan lihat dampaknya setelah beberapa minggu. Anak Anda akan tumbuh lebih tinggi dari yang sebelumnya.

Tinggi badan seorang anak masih bisa ditambah. Prosesnya akan lebih cepat jika didukung olahraga dan istirahat yang cukup. Tak hanya itu saja, gizi seimbang yang terkandung pada makanan juga perlu diperhatikan dengan seksama. Anda tak perlu bersedih hati jika anak Anda saat ini kurang tinggi. Hal yang perlu dilakukan yaitu melakukan aktivitas-aktivitas yang merangsang pertumbuhan badannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *