Tips Mengatur Keuangan Secara Islami

Sebagai makhluk hidup yang terus berkembang untuk mencapai tujuan mulianya, manusia mempunyai kewajiban untuk mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupannya. Salah satunya yaitu mengurus keuangan agar tetap stabil dan ketika dikeluarkan bisa menjadi manfaat. Pengelolaan yang bijaksana inilah yang menjadi kunci sistem keuangan Anda akan baik-baik saja. Berikut ini adalah beberapa tips mengatur keuangan secara Islami yang mungkin bisa Anda jadikan pilihan untuk mengelola keuangan Anda.

Tips Mengatur Keuangan Secara IslamiBeberapa Tips Praktis Mengatur Keuangan Secara Islami

Di era yang semakin berkembang menjadi dunia metropolitan ini, banyak produk-produk yang dijual dengan beraneka ragam dan harga yang relatif terjangkau. Anda sebagai konsumen pasti ada keinginan membeli produk apapun yang Anda inginkan. Disinilah peran mengatur keuangan sangat diperlukan. Ada beberapa tips mengelola keuangan secara Islami antara lain:

1. Hidup dengan cara sederhana
Menjalani hidup dengan sewajarnya, sederhana, dan tetap fokus terhadap perencanaan yang sudah dibuat merupakan cara ampuh mengatasi hidup yang boros dan berfoya-foya. Hidup dengan sederhana membuat Anda senantiasa bersyukur dan tidak akan merasa kekurangan. Mengapa demikian, karena semakin banyak harta yang manusia punya maka akan semakin besar tanggung jawabnya untuk bisa berbagi dengan orang-orang di sekitarnya. Disinilah peran Anda untuk berbagi dengan orang-orang yang kurang beruntung. Karena sebagian dari rezeki yang Anda terima adalah milik mereka. Maka hidup sederhana dengan membawa berkah sebagai tujuan yang mulia. Dengan saling memberi dan membantu sesama orang yang membutuhkan akan menciptakan suasana saling mengasihi satu sama lain.

2. Menabung yang sehat
Investasi kehidupan manusia baik di dunia maupun di akhirat dilakukan dengan cara yang begitu mudah yaitu menabung. Baik dengan tujuan untuk masa depan atau amal jariyah ketika berada di alam baka. Yang perlu Anda lakukan ketika menabung dengan jalan yang sehat yaitu bagilah uang penghasilan Anda menjadi beberapa bagian seperti uang biaya sehari-hari Anda, uang keperluan mendesak dan lain sebagainya. Buatkan tempat khusus untuk menyimpannya. Kemudian setelah itu sisakan uang untuk menabung di tempat yang sudah Anda buat sendiri atau di lembaga syariah tempat penyimpanan uang agar terhindar dari riba. Buatlah celengan semenarik mungkin agar Anda tetap rajin untuk menabung. Jangan lupa untuk tetap bersedekah.

Tips Mengatur Keuangan Secara Islami3. Hindari menghutang
Setiap manusia pasti akan terus merasa kekurangan terhadap apa yang ia dapatkan sekarang. Berusaha untuk mengelola uang dengan sebaik mungkin dan tetap harus menghindari satu hal yang bisa membuat buntung hidup seseorang ini, yaitu hutang. Hal pertama yang mungkin ada dipikiran Anda ketika berhutang adalah hal-hal yang enak saja tanpa berpikir jauh akan konsekuensi yang Anda dapat ketika Anda tidak bisa mengembalikannya tepat waktu. Sebaiknya Anda menghindari kegiatan yang bisa melilit hidup seseorang ini. Jangan sampai hidup Anda sengsara karena terjerat hutang yang tidak berkesudahan karena ada sistem riba di dalamnya. Maka dari itu carilah alternatif lain jika Anda merasa masih kekurangan dengan penghasilan yang Anda dapatkan dengan cara mencari pekerjaan tambahan yang ringan.

Ada beberapa alternatif cara untuk mengelola keuangan Anda secara islami baik menabungnya di instansi tertentu maupun bank milik pribadi yang sengaja dibuat (celengan). Tetap fokus terhadap apapun yang menjadi prioritas kebutuhan Anda dan mengabaikan hal yang akan menguras kantong Anda. Demikianlah sedikit informasi tentang berbagai tips mengelola keuangan secara islami. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *